Awalnya Pelatih Sementara, tapi Sukses Bawa Argentina Juara Copa America dan Piala Dunia!

Awalnya Pelatih Sementara, tapi Sukses Bawa Argentina Juara Copa America dan Piala Dunia!

Pelatih Lionel Scaloni berhasil membawa Timnas Argentina meraih kesuksesan di Piala Dunia 2022. Prestasi ini tentu tidak pernah dibayangkan oleh Scaloni.

Tak banyak yang tahu, awal mula karier Lionel Scaloni di Timnas Argentina tak diproyeksi sebagai pelatih tetap. Scaloni ketika itu menggantikan Jorge Sampaoli yang dipecat pada 15 Juli 2018 karena Argentina gagal total pada Piala Dunia 2018.

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) kemudian menunjuk Lionel Scaloni yang merupakan asisten dari Sampaoli sebagai pelatih sementara. Rencananya, Scaloni hanya akan memimpin Argentina pada dua pertandingan saja.

Namun, belakangan AFA berubah pikiran dan langsung memberikan kontrak pada Lionel Scaloni pada 2 Agustus 2018. Scaloni memang dipersiapkan untuk memimpin Timnas Argentina pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Penampilan Timnas Argentina di bawah asuhan Lionel Scaloni kemudian semakin membaik. Tak sampai setahun setelah mendapatkan kontrak permanen, Scaloni hampir mempersembahkan gelar Copa America 2019.

Sayangnya, laju Timnas Argentina terhenti pada babak semifinal setelah kalah 0-2 dari Brasil. Argentina pun ketika itu harus puas menempati peringkat ketiga Copa America 2019.

Scaloni akhirnya berhasil mempersembahkan gelar perdana bersama Timnas Argentina pada 2021. Ketika itu, Scaloni membantu Argentina menjuarai Copa America 2021 setelah mengalahkan Brasil dengan skor 1-0 pada laga final.

Tangan dingin Lionel Scaloni kemudian sukses mengantarkan Timnas Argentina ke Piala Dunia 2022. Ketika itu, Lionel Messi dkk menempati peringkat kedua pada klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Argentina berada di bawah Brasil yang menjadi pemuncak. Argentina mengemas 39 poin hasil 17 pertandingan.

Uniknya, Argentina tak terkalahkan sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad La Albiceleste meraih 11 kemenangan dan enam kali imbang berkat strategi genius dari Lionel Scaloni.

Puncak karier Lionel Scaloni sebagai pelatih akhirnya diraih pada Piala Dunia 2022. Scaloni berhasil meraih gelar Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina.

Sempat kalah 1-2 dari Arab Saudi, Argentina kemudian bangkit mengalahkan Meksiko dengan skor 2-0. Pada laga pamungkas penyisihan grup, Argentina sukses mengalahkan Polandia dan menyegel status juara grup.

Pada fase knock out, Argentina sukses mengalahkan Australia dengan skor 2-1. Kemudian menang 6-5 dari Belanda melalui adu penalti, menang 3-0 dari Kroasia, dan mengalahkan Prancis dengan penalti 4-2.

Anda mungkin juga suka...