Berita Terbaru 2024: Giliran Berliannya Rusia yang Kena Sanksi

Larangan negara-negara Barat untuk mengimpor secara segera berlian berasal dari Rusia terasa berlaku per 1 Januari 2024. Lewat larangan itu, maka berlian berasal dari pertambangan non-industri, proses atau produksinya di Rusia lalu dikirim ke negara anggota G7 dan anggota Uni Eropa, semua itu tidak diperbolehkan

Larangan negara-negara Barat untuk mengimpor secara segera berlian berasal dari Rusia terasa berlaku per 1 Januari 2024. Lewat larangan itu, maka spaceman slot berlian berasal dari pertambangan non-industri, proses atau produksinya di Rusia lalu dikirim ke negara anggota G7 dan anggota Uni Eropa, semua itu tidak diperbolehkan.

Seluruh larangan itu adalah langkah pertama berasal dari beberapa larangan yang diberlakukan negara-negara Barat ke Rusia. Pada 1 Maret 2024, larangan langkah kedua bakal diberlakukan terhadap berlian alami Rusia 1 karat yang diproduksi di negara ketiga. Adapun 1 September 2024, impor berlian sintetik Rusia, perhiasan dan jam tangan saku yang diproses di negara ketiga manfaatkan berlian berasal dari Rusia seberat 0.5 karat atau lebih, bakal dilarang.

Sebelumnya terhadap September 2023, negara-negara Barat mengungkapkan rencana untuk memperkenalkan sebuah mekanisme untuk mencari dan memeriksa batu-batu miliki nilai yang belum diproses agar bisa mencari asal usulnya secara lebih efektif dan mengerti mana yang melanggar sanksi-sanksi. Sejumlah pakar industri pesimis perihal mekanisme pelacakan ini. Adapun detil proses pelacakan ini, tetap belum dipublikasi.

Saat ini, satu-satunya langkah untuk mencari asal-usul berlian dimulai berasal dari rantai suplainya dikarenakan sertifikat menerbitkan batu-batu miliki nilai yang tetap kasar. Namun kala batu-batu miliki nilai asal Rusia ini udah memasuki proses pemotongan dan pemolesan, lalu masuk ke sejumlah pasar dan perdagangan, terlalu sukar untuk melacaknya.

“Biasanya badan-badan bea cukai tidak bakal bisa menyaksikan berasal dari mana asal berlian satu dan lainnya atau oh ini berlian berasal dari Rusia,” kata Al Cook, CEO de Beers, keliru satu perusahaan pertambangan berlian terbesar di dunia terhadap bulan lalu.

Baca Juga: https://pikiranindonesia.com/pt-toba-dan-bss-resmi-sewa-waduk-di-batam-untuk-bangun-plts/

Sementara itu, Moskow udah memutar perdagangan berliannya ke pasar di Cina, India, Uni Emirat Arab, Armenia dan Belarus. Dalam beberapa bulan terakhir, negara-negara ini mengalami kenaikan impor batu-batu miliki nilai dan batu berhaga yang tetap mentah berasal dari Rusia. Juru berkata Kremlin Dmitry Peskov terhadap bulan lalu memperingatkan larangan layaknya itu cuma bakal menjadi bumerang bagi negara-negara Barat itu sendiri. Dia juga mencatat, Rusia udah bersiap hadapi larangan itu dan punyai sejumlah layanan untuk menghindarinya.

Anda mungkin juga suka...