Cara Mewaralabakan Usaha Kita Agar Cuan

Cara Mewaralabakan Usaha Kita Agar Cuan

Membuka bisnis franchise (waralaba), metode pendistribusian produk atau layanan yang melibatkan dua pihak, bisa sangat menguntungkan, lho, Gan. Wirausaha yang mampu mewaralabakan usahanya pasti untung besar. Tentu saja, hal ini hanya bisa dilakukan jika usaha yang Juragan jalankan sudah terkenal dan memiliki kualitas yang terpercaya.

Meskipun mungkin butuh waktu cukup lama, Juragan bisa, kok, menjadi pihak pemilik waralaba yang menetapkan merek dagang dan sistem bisnis. Jika sudah demikian, Juragan bisa memberikan peluang bisnis bagi pihak penerima waralaba. Mereka akan membayar royalti dan biaya awal kepada Juragan untuk hak berbisnis di bawah nama dan sistem pemilik waralaba. Jadi, gimana cara mewaralabakan usaha kita agar cuan? Simak, yuk, caranya berikut!

Cara mewaralabakan usaha
Pastikan usaha punya keunikan
Sebuah usaha hanya bisa diwaralabakan jika memiliki keunikan, Gan. Jadi, coba tentukan apa yang membuat bisnis Juragan layak diwaralabakan. Jika bisa memastikan bisnis punya karakteristik tertentu yang berbeda dari bisnis lain, maka akan lebih mudah bagi Juragan untuk mewaralabakan usaha. Keunikan ini bisa berupa konsep tempat yang unik, resep istimewa, dan hal-hal yang bisa jadi keunggulan untuk meningkatkan nilai jual dan terlihat spesial di mata konsumen.

Usaha telah dikenal banyak orang
Bisnis umumnya perlu waktu paling sedikit satu tahun untuk dapat dikenal oleh banyak orang. Mewaralabakan usaha dapat Juragan lakukan jika bisnis sudah terkenal. Sebab, akan lebih mudah mewaralabakan usaha saat partner lebih optimis untuk menjalankannya. Jika franchise Juragan memiliki popularitas dan reputasi bisnis yang sudah terbangun, maka mitra akan lebih mudah mendapat konsumen. Keuntungan pun akan lebih cepat tercapai di mana pun franchise dibuka.

Sudah menghasilkan keuntungan
Sebaiknya, juragan tidak buru-buru mewaralabakan usaha. Menunggu hingga usaha sudah berjalan selama beberapa tahun, ditambah cukup pengalaman untuk menghadapi berbagai permasalahan dan sudah menghasilkan keuntungan, adalah cara terbaik mewaralabakan usaha. Pasalnya, bisnis yang sudah untung berarti potensial, Gan. Mewaralabakan bisnis yang belum terbukti berhasil berarti menawarkan sesuatu yang tidak menjanjikan dan bisa merugikan mitra.

Pastikan izinnya sudah diurus
Penting untuk mengurus izin usaha dan mendaftarkan merek dagang, Gan. Gunanya untuk melindungi hak kekayaan intelektual bisnis yang mencakup nama merek, logo usaha, dan sebagainya. Juragan bisa mengajukan izin ke DirJen HaKi untuk mendapat izin usaha dan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). Dengan mengantongi legalitas usaha, maka akan lebih mudah bagi Juragan untuk meyakinkan calon mitra dan agar franchise Juragan terhindar dari masalah hukum nantinya.

Promosikan setiap saat
Sebagai cara mewaralabakan usaha kita agar cuan, penting juga untuk melakukan promosi setiap saat, Gan. Promosi adalah kegiatan untuk meningkatkan barang atau jasa yang ditawarkan ke arah lebih baik. Bagian dari komunikasi pemasaran ini menawarkan banyak keuntungan, seperti menginformasikan, menawarkan, menyebarluaskan, memengaruhi, dan mengajak masyarakat agar menjadi pelanggan. Tanpa promosi, sulit bagi produk untuk dikenal masyarakat luas. Jadi, pastikan Juragan promosikan usaha setiap saat, ya.

Buatlah SOP yang jelas
Membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas juga dapat membantu Juragan lebih cepat mewaralabakan usaha. Sebab, SOP adalah prosedur kerja sistematis yang jadi pedoman untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan memiliki SOP, sistem dan manajemen franchise bisa berjalan dengan lebih baik. Nantinya, SOP ini akan diterapkan oleh setiap mitra bisnis agar kualitas produk dan layanan bisa terjaga. SOP juga bisa jadi bahan rujukan untuk solusi jika terjadi perselisihan.

Pastikan usaha Juragan mudah dijalankan
Langkah mewaralabakan usaha selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memastikan usaha Juragan mudah dijalankan. Hal ini penting karena Juragan nantinya akan memberikan training atau pelatihan kepada mitra. Jika usaha Juragan sulit dipelajari dan diterapkan, maka besar kemungkinan mitra akan sering mengalami kesalahan operasional. Jadi, pastikan usaha Juragan mudah diduplikasi dan mudah dikelola agar banyak yang tertarik untuk beli franchise-nya ya, Gan.

Gunakan platform pendukung
Untuk mewaralabakan usaha, penting juga untuk menggunakan platform pendukung, Gan. Mewaralabakan usaha akan membuat keuntungan bisnis Juragan berlipat ganda, namun Juragan juga harus siap dengan berbagai risiko yang harus dilalui. Agar bisnis waralaba sukses, Juragan perlu mengelola bisnis dengan baik, salah satunya dengan menggunakan aplikasi BukuWarung yang akan membuat bisnis Juragan terkelola dengan baik pembukuannya. Dengan pembukuan yang sehat, maka bisnis waralaba yang Juragan jalankan pun juga akan sehat.

Anda mungkin juga suka...