Cara Tepat Memilih Supplier Terpercaya

Cara Tepat Memilih Supplier Terpercaya

Cara memilih supplier yang benar adalah salah satu kunci keberhasilan usaha kita. Baik bisnis online maupun offline, semuanya bisa mendapat hambatan penjualan saat proses produksi berlangsung.

Misalnya di saat kita sedang membutuhkan baik bahan baku atau barang jadi, tetapi barang yang dibutuhkan mengalami keterlambatan pengiriman atau sedang kosong sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan kita.

Inilah pentingnya peran supplier dalam keberlangsungan usaha kita. Mendapatkan supplier yang tepat dapat mempengaruhi kekuatan produksi dan omzet bisnis Anda secara langsung.

Nah, penasaran bagaimana cara mendapatkan supplier tangan pertama atau toko distributor untuk mendapatkan harga termurah untuk dijual secara online? Yuk, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Hal yang Sebelum Dipersiapkan Sebelum Memilih Supplier
Ada beberapa kriteria minimal yang Juragan harus tahu sebelum memilih supplier.

  1. Tentukan kriteria bahan baku yang Juragan butuhkan

Sebelum memilih supplier, pastikan Juragan sudah membuat daftar kriteria yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tentukan juga apakah kebutuhanmu untuk dropship atau reseller karena pasti kebutuhannya berbeda.

  1. Pastikan kualitas produk sesuai kriteria yang ditentukan
    Jangan mudah tergoda dengan harga yang murah. Perhatikan apakah kualitas bahan baku membuatmu puas. Pembeli akan menilai barang yang mereka beli di pembelian pertama jadi pemilihan kualitas bahan yang baik tentu akan berpengaruh pada kepuasan konsumen. Juragan bisa meminta produk sampel untuk mengetahui apakah kualitas bahannya sesuai dengan yang Juragan inginkan.
  2. Perhitungkan kemampuan supplier dalam memenuhi pesanan

Jangan lupa untuk memperhitungkan kemampuan supplier dalam memenuhi kebutuhan toko. Seringkali supplier merasa mampu menyediakan bahan sesuai permintaan tetapi karena beberapa hambatan membuat pasokan terlambat datang atau tidak bisa dikirimkan. Pilih supplier yang mampu menyelesaikan pesanan dengan ketepatan waktu yang dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Pelajari detail perihal pengembalian bahan baku

Untuk menghindari kesalahpahaman dan menghemat waktu, pastikan Juragan sudah mempelajari detail mengenai pengembalian bahan baku jika tidak sesuai dengan kebutuhan. Ini akan mempermudah pengembalian bahan baku jika kebijakan pengembalian sudah disepakati

  1. Perhatikan track record supplier

Tidak perlu terburu-buru saat mencari supplier yang dibutuhkan. Cek semua informasi mengenai supplier yang Juragan butuhkan melalui Juragan lain yang mungkin pernah menggunakan supplier yang sama atau melalui forum online. Pelajari hal-hal seperti ketepatan waktu pengiriman bahan dan kualitasnya untuk menghindari supplier yang tidak terpercaya yang membuat usaha terhambat.

Anda mungkin juga suka...