Deretan Daftar Olahraga Untuk Kamu Yang Si Kaum Rebahan

olahraga kaum rebahan

Menyelamatkan dunia sambil di rumah aja bisalah ditambah olahraga sedikit supaya badan enggak kaku-kaku amat. Masa pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan banyak orang. Mereka yang dulu ke dapur aja enggak pernah, sekarang bisa memasak ayam balado. Mereka yang dulu malas bersih-bersih, sekarang seluruh penjuru rumah mengkilat.

Tapi buat kita yang termasuk malas olahraga, dengan adanya PSBB, bisa jadi malah tambah malas olahraga. Apalagi karena selama di rumah, energi yang terpakai sangat sedikit dibanding keluar rumah. Memang yang namanya olahraga enggak bisa dipaksa.

Tapi supaya stamina tetap terjaga dan daya tahan tubuh lebih baik untuk menghindari virus COVID-19, maka kita harus mulai coba berolahraga. Bentuk olahraga cukup yang simpel dan enggak bikin kita megap-megap trauma.

Berdiri Setidaknya Setiap Jam

Riset membuktikan kebanyakan duduk bisa bikin kita mati lebih cepat. Ini bukan hoaks, lho. Saat duduk, otot kaki tidak bisa berkontraksi dan tidak mampu memompa darah secara efektif.
Bahkan menurut American Journal of Epidemiology tahun 2010 lalu menyatakan bahwa duduk lebih dari enam jam per hari bisa meningkatkan 48 persen risiko kematian pada pria dan 96 persen pada perempuan. Mulailah berdiri setiap satu jam sekali. Durasi berdiri cukup 10-15 menit saja.

Jalan Kaki 15 menit

Jalankan kaki yang sudah diberikan Tuhan kepada kita ini selama 15 menit sehari. Ya kalau enggak bisa setiap hari, usahakan dua hari sekali. Cukup jalan-jalan keliling komplek atau halaman rumah. Jangan lupa pakai masker kalau harus keluar rumah.

Naik Turun Tangga

Kalau di kantor, kita bisa memilih naik tangga dari 2-3 lantai sebelumnya. Kalau di rumah, coba naik turun tangga 10 menit setiap hari. Rasakan aliran darah kita makin lancar saat bergerak.

Sit up dan push up

Lakukan sit up atau push up 10 kali saja setiap hari. Bisa sambil nonton TV atau setelah bangun pagi. Lama kelamaan kita akan merasa lebih kuat dan menambahkan rangkaian olahraga lebih dari 10 set.

Lari Dengan Satu Lagu

Daripada terlalu ambisius dan merasa gagal kalau enggak mencapai target, lakukan hal semudah berlari sepanjang satu lagu setiap hari. Pilih lagu yang kita sukai supaya makin enggak terasa capek.

Baca Juga : Beberapa Olahraga Yang Dapat Kamu Lakukan Dengan Pasangan

Meski cuma 3,5 menit, tapi setidaknya kita sudah berusaha. Lama kelamaan sambil mendengarkan satu album artis kesayangan, ternyata kita sudah berlari selama 30 menit!

Membersihkan Rumah atau Bercocok Tanam

Mengganti sprei tempat tidur, mengepel lantai adalah dua kegiatan yang bisa membuat kita berkeringat. Begitu pun dengan memberikan pupuk, mengganti tanaman yang kita lakukan di halaman atau balkon dengan matahari yang bersinar terang. Sambil melakukan kedua hal ini badan kita turut bergerak dan terasa bugar.

Duduk Dengan Fitness Ball

Daripada beli kursi kerja baru, coba beli fitness ball. Sesekali pindah dari kursi biasa ke fitness ball ini. Rasakan otot perut, panggul, paha dan kaki mengencang untuk menjaga keseimbangan saat duduk di atasnya. Kalau sudah terbiasa, cari video-video di Youtube untuk melatih otot perut dengan lebih intensif dengan fitness ball.

Anda mungkin juga suka...