FIFA Akan Tambah Peserta Piala Dunia Antarklub Jadi 32 Tim

FIFA Akan Tambah Peserta Piala Dunia Antarklub Jadi 32 Tim

Presiden FIFA Gianni Infantino berencana akan memformat ulang dan memperluas Turnamen Piala Dunia Antarklub.

Nantinya format baru Piala Dunia Antarklub akan menyamai turnamen akbar Piala Dunia. Rencana perubahan format ini disampaikan Infantino.

“Piala Dunia Antarklub yang baru akan berlangsung pada tahun 2025 akan menampilkan 32 tim. Turnamen 32 tim akan dilanjutkan, menjadikannya seperti Piala Dunia,” ujar Infantino.

Dengan penambahan jumlah tim yang terlibat tentunya akan membuat sejumlah klub bermasalah soal penjadwalan. Pasalnya, banyak klub yang sudah memiliki jadwal padat di turnamen domestik.

Piala Dunia Antarklub yang sebelumnya dikenal sebagai Kejuaraan Dunia Antarklub FIFA adalah sebuah kompetisi resmi yang diadakan FIFA yang mempertemukan pemenang kejuaraan utama antar klub sepak bola dari setiap benua.

Masing-masing juara dari setiap benua akan bertanding dalam turnamen ini. Perwakilan dari Conmebol (Amerika Selatan) dan UEFA (Eropa) mulai bermain di semifinal, sementara perwakilan dari CAF (Afrika), AFC (Asia), Concacaf (Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia), serta OFC (Oseania) bertanding untuk mendapatkan jatah semifinal.

Kejuaraan Dunia Antarklub pertama berlangsung di Brasil pada tahun 2000. Sebanyak 18 edisi Piala Dunia Antarklub FIFA telah dimenangkan oleh sepuluh klub berbeda. Klub Real Madrid dari Spanyol menjadi klub tersukses dengan memenangkan empat gelar.

Juara saat ini adalah klub dari Inggris Chelsea setelah mengalahkan Palmeiras 2–1 setelah perpanjangan waktu pada pertandingan final edisi 2021.

Anda mungkin juga suka...