Harga Motor Listrik Jika Dapat Subsidi Rp6,5 Juta dari Pemerintah

Harga Motor Listrik Jika Dapat Subsidi Rp6,5 Juta dari Pemerintah

Pemerintah merencanakan pemberian subsidi untuk pembelian motor listrik Rp6,5 juta tahun depan. Keterangan itu diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di acara Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic beberapa waktu lalu.

Pemberian subsidi dinilai bisa menstimulasi minat masyarakat beralih dari motor bermesin bakar menjadi motor listrik berbasis baterai. Apalagi pemerintah juga menargetkan bahwa pada 2025 sebanyak 2 juta unit motor listrik bisa terjual di Indonesia.

“Misalnya sepeda motor sedang kita finalisasi. Berapa juta mau kita kasih subsidi sepeda motor. Mungkin Rp6 juta? Di Thailand mungkin Rp7 juta, mungkin kita Rp6,5 juta kira-kira berkisar segitu,” kata Luhut.

Luhut juga menyebut pembelian motor listrik akan lebih menguntungkan bila dilakukan pada 2023 dengan rencana insentif yang akan diberikan pemerintah. “Jika Anda ingin mengganti sepeda motor konvensional ke listrik, lakukan tahun depan. Anda akan mendapatkan subsidi,” pungkasnya.

Nah, bila nantinya rencana subsidi itu terealisasi, pastinya konsumen yang akan diuntungkan. Harga jual dari motor listrik akan menyusut, masyarakat bisa lebih mudah menjangkau motor listrik impiannya.

  1. Gesits G1

Gesits G1 bisa dibilang sebagai pionir motor listrik di Indonesia. Pengembangannya melibatkan anak bangsa dan pada 2021 lalu berhasil diekspor ke Senegal.

Harga OTR Jakarta untuk Gesits G1 dijual Rp28.970.000 dengan skema 1 baterai. Bila nominal subsidi Rp6,5 juta cair, artinya motor ini berpeluang diniagakan Rp22.470.000.

G1 disematkan dengan dinamo bertipe Permanent Magnet Synchronous, berpendingin udara yang disalurkan melalui transmisi Pulley Belt. Dia dipersenjatai baterai Li-NCM 72 Volt 20Ah. Tenaga maksimalnya bisa menyentuh 6,7 Hp dengan torsi maksimal 30 Nm.

Dalam keadaan baterai terisi penuh, pihak Gesits mengklaim bila motor ini bisa diajak berkendara sejauh 50 km. Sementara untuk kecepatan puncaknya mampu digeber hingga 70 km/jam. Oh iya, motor listrik ini juga memiliki 2 slot penyimpanan baterai sehingga daya jangkaunya bisa menyentuh 100 km.

  1. United T1800

United T1800 dijual secara resmi pada Desember 2022 lalu. Motor listrik bergaya maxi itu sekarang dijual dengan harga Rp29,5 juta OTR Jakarta. Setelah dihitung dengan skema rencana subsidi, motor ini bisa dimiliki dengan banderol Rp23.000.000.

Bicara spesifikasi, United T1800 disematkan dengan dinamo listrik buatan Bosch berdaya 1.800 watt yang kemudian dikawinkan dengan baterai Lithium-Ion 60V 28 Ah. Dengan racikan itu, motor ini diklaim memiliki daya jangkau sampai 60 km dengan kecepatan puncak 70 km/jam.

Adapun untuk durasi pengisian daya baterai dari posisi kosong sampai 100 persen hanya membutuhkan waktu 4 jam saja. Menariknya motor listrik ini ini juga sudah memiliki sistem pengisian fast charging.

  1. Volta Virgo

Merek motor listrik dalam negeri, Volta menjagokan Virgo untuk bersaing di segmen ini. Dia dijual Rp15.450.000 OTR, setelah dihitung dengan potongan subsidi, Virgo bisa dimiliki dengan harga Rp8.950.000.

Menyoal spesifikasi, Volta Virgo mengusung penggerak dinamo yang diletakkan langsung di hub atau tromol roda belakang. Dia dibekali dengan motor listrik berkapasitas 1.000 watt yang diklaim pabrikan bisa menempuh jarak 60 km dalam keadaan baterai terisi penuh.

Anda mungkin juga suka...