Beranda Otomotif Hyundai Singgung Mobil Listrik Baru di 2023

Hyundai Singgung Mobil Listrik Baru di 2023

31
0
Hyundai Singgung Mobil Listrik Baru di 2023
Hyundai Singgung Mobil Listrik Baru di 2023

Ada banyak mobil baru yang meluncur di tahun 2022, termasuk kendaraan listrik. Tercatat sekitar lebih dari 60 model baru dirilis, mulai dari Honda HR-V hingga Toyota Kijang Innova Zenix bermesin hybrid.

Kemunculan banyak mobil baru di tahun kemarin boleh menjadi pertanda baik bagi sektor otomotif di tahun 2023 ini. Beberapa merek mulai memberikan indikasi mobil apa yang akan dihadirkan tahun 2023.

Salah satunya adalah PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Merek asal Korea Selatan ini mencatat banyak kesuksesan tahun lalu, dengan kehadiran Stargazer hingga Ioniq 5 yang menjadi Electric Vehicle (EV) pertama yang dirakit dalam negeri.

Indikasi mobil baru

Bakal adanya mobil listrik terbaru Hyundai disampaikan oleh Makmur, Chief Operating Officer (COO) HMID. Ia mengungkapkan bahwa Hyundai akan merilis kendaraan listrik tahun ini.

READ  Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS & EQE Meluncur Sekaligus, Tawarkan Jarak Tempuh Hingga 700 Km

Makmur tidak menyebut secara spesifik model apa yang diluncurkan, namun mengkonfirmasi bahwa produk baru tersebut adalah kendaraan ramah lingkungan.

“Kami tunggu input dari teman-teman, tapi yang jelas tahun ini ada. Tunggu saja tanggal mainnya,” beber Makmur di Jakarta, Rabu (11/1/2023).

Ioniq 6

Mobil listrik baru Hyundai tersebut diduga kuat adalah Ioniq 6. Sedan bergaya unik ini sudah diprediksi akan masuk ke pasar Indonesia, bahkan sempat menjadi desas-desus pengganti Hyundai Ioniq yang disuntik mati tahun lalu.

Terkait kehadiran Ioniq 6 di Indonesia, Makmur tidak mengamini maupun menampik. Ia hanya menjelaskan bahwa seluruh produk yang dihadirkan Hyundai di tanah air merupakan hasil riset dan permintaan pasar.

READ  Toyota Camry Hybrid Facelift Berbekal Fitur T Intouch

“Semua produk line-up kita terima input dari masyarakat maupun teman-teman media. Namun apakah keputusannya keluar atau tidak (Ioniq 6), kita akan analisis dulu,” lanjutnya.

Sekadar pengenalan

sisi lain, ada pula kemungkinan Hyundai Indonesia untuk memboyong Ioniq 6 ke tanah air dalam status untuk mengetes pasar dan belum dijual resmi.

Pasalnya untuk saat ini PT HMID lebih berfokus untuk menjual Ioniq 5, mengingat animo mobil ini masih tinggi dan baru diluncurkan tahun lalu di Indonesia.

“Kami pasti akan terus mengembangkan mobil listrik dan potensi pasar yang ada. Tapi untuk saat ini, kami ingin berfokus dulu memasarkan Ioniq 5,” tukas Erwin Djajadiputra, Sales Director HMID.

READ  Produsen Aftermarket Ini Garap Aksesori Mobil Listrik

Spesifikasi Hyundai Ioniq 6
Hyundai Ioniq 6 mempunyai tampilan yang eye-catching. Paling mencolok adalah bentuk atap sloping, layaknya kepunyaan Hyundai Prophecy. Mobil terlihat lebih aerodinamis, lantaran wujud keseluruhan mobil ini berbentuk oval.

Hyundai sendiri mengklaim bahwa mobil ini mempunyai drag coefficient (Cd) sekitar 0.21, lebih rendah dibanding Ioniq 5 yang sebesar 0.288. Dengan Cd yang lebih rendah, Ioniq 6 bisa berjalan lebih jauh dalam sekali pengecasan.

Hyundai juga menunjukkan bagian dalam dari mobil ini. Ioniq 6 mempunyai interior serba modern dan futuristis, melalui penggunaan warna yang gelap dan ambient lighting berwarna merah muda terang.