Kemenpora Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Kwalitas SDM Olahraga Penyandang Disabilitas

Yogyakarta – Kementerian Pemuda dan Olahraga berkomitmen untuk mengamati kesetaraan olahraga bagi para penyandang disabilitas. Salah satu upaya konkrit hal yang demikian yakni dengan menggelar aktivitas Pelatihan SDM Olahraga mahjong ways 2 Penyandang Disabilitas selama tiga hari, 1 s.d. 3 Mei 2024 di Riss Hotel Malioboro, Yogyakarta.

Kegiatan yang dirancang dengan konsep 40 % diskusi di kelas dan 60 % praktik lapangan ini diikuti oleh 150 orang guru Sekolah Luar Umum (SLB) di Yogyakarta dari semua tahapan pendidikan.

Asisten Deputi Olahraga Penyandang Disabilitas, Ibnu Hasan memperkenalkan urgensi meningkatkan kualitas SDM olahraga penyandang disabilitas.
“Acara ini sungguh-sungguh istimewa.

Sebab kita akan membina orang-orang yang istimewa (penyandang disabilitas-red), dan kita berupaya memberikan pelayanan bidang keolahragaan dengan sebaik-pantasnya untuk mereka. Dengan demikian, peningkatan kualitas SDM olahraga penyandang disabilitas ini menjadi penting” ucap Ibnu Hasan saat membuka acara.

Pelatihan memperkenalkan pelbagai materi yang penting dan menarik, antara lain Kebijakan Olahraga Penyandang Disabilitas dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Kebijakan Olahraga Penyandang Disabilitas dalam Desain Olahraga Daerah (DOD) Provinsi DIY, Pengenalan dan Pelajaran Cabang Olahraga Prestasi bagi Penyandang Disabilitas, Pencegahan dan Penanganan Cedera pada Olahraga Disabilitas, Psikologi Olahraga Disabilitas, Nasehat Mental SDM Olahraga Disabilitas, Figur – Figur Kegiatan Olahraga dan Permainan Kecil di Sekolah Luar Umum dan Dasar-dasar Kepelatihan Olahraga Disabilitas.

Materi-materi hal yang demikian dipersembahkan oleh para narasumber yang kompeten yakni Pejabat Dispora DIY, Imam Kunantoro Pelatih Nasional Para Bulutangkis (Mantan Atlet Paragames), Shofital Jamil, S.Ft, MSc dari AMPUTI; Kumala Windya, M.Psi dari NPC DIY; serta Dr. Rumpis Agus Sudarko, M.Si dan Prof. Dr. Awan Hariono, M.Or dari Universitas Negeri Yogyakarta (ih/tbs).a

Anda mungkin juga suka...