Motor Lebih Sering Menganggur, Biasakan Pakai Standar Tengah

Motor Lebih Sering Menganggur, Biasakan Pakai Standar Tengah

Kondisi cuaca di Indonesia yang seringkali hujan di awal tahun kerap membuat pengguna sepeda motor beralih ke transportasi lain, seperti mobil pribadi atau angkutan umum. Kondisi demikian membuat sepeda motor sering kali tidak digunakan dan lebih banyak terparkir di rumah.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), jika sepeda motor tidak digunakan alias tersimpan rumah dalam jangka waktu tertentu, pemilik sepeda motor harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga kondisi sepeda motor agar tetap baik saat akan digunakan kembali.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sepeda motor jarang digunakan. Misalnya mencuci, memanaskan mesin, memberi penutup, memerhatikan aki dan sabagainya.

Mencuci dan Menggunakan Cover
Sebelum menyimpan sepeda motor, baiknya pemilik mencuci sepeda motornya terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan menghindari munculnya jamur pada eksterior maupun komponen bergerak di sepeda motor.

Saat musim hujan seperti sekarang ini, pemilik sepeda motor harus memastikan body sepeda motor segera dicuci jika terkena air hujan. Hal ini dikarenakan air hujan bersifat asam.

Dianjurkan untuk menggunakan sarung atau cover sepeda motor. Cover memiliki banyak manfaat, salah satunya melindungi sepeda motor dari sinar UV jika disimpan di ruangan terbuka seperti carport.

Selain itu juga berguna untuk mencegah adanya lecet atau baret yang disebabkan adanya gesekan dengan benda, hewan, atau senggolan dengan sepeda motor lain. P

Pilihlah cover sepeda motor yang sesuai dengan peruntukan indoor atau outdoor, ukuran yang cukup dan pilihan bahan yang lembut dan tidak luntur.

Memanaskan Mesin dan Pengaman Ganda
Kendati tidak digunakan, motor perlu dipanaskan sesekali. Memanaskan mesin secukupnya, atau kurang lebih 2 hingga 3 menit saja, dalam jangka waktu 1 kali dalam seminggu.

Akan lebih baik lagi jika sepeda motor bisa dikendarai ke luar rumah walau hanya sebentar. Kegiatan tersebut berguna untuk sirkulasi oli, bahan bakar dan rotasi ban motor. Walaupun disimpan di rumah, sebaiknya tetap dikunci.

Pakai Standar Tengah dan Melepas Kabel Aki
Yang tidak kalah penting, pergunakan standar tengah jika sepeda motor sudah dilengkapi dengan penyanggah tersebut. Hal ini selain bertujuan agar posisi kendaraan kokoh dan stabil, penggunaan standar tengah akan relatif membuat ruangan terasa lebih lega.

Jika motor disimpan dalam waktu relative lama, lepaskan kabel aki. Pasalnya ketika kabel aki terpasang maka akan tetap terdapat aliran listrik ke berbagai komponen, sehingga dengan dilepas kabelnya maka, accu akan lebih terjaga performancenya.

“Ada beberapa hal yang memang perlu disiapkan dan diperhatikan ketika hendak menyimpan sepeda motor di garasi atau area dalam rumah dalam kurun waktu yang tidak ditentukan. Keamanan penyimpanan juga perlu mendapat perhatian lebih agar pemilik tidak mengalami kerugian yang tidak diinginkan,” tutup Hariadi.

Anda mungkin juga suka...