Pertamina Lubricants Luncurkan Pelumas Anti Karat Serbaguna

Pertamina Lubricants Luncurkan Pelumas Anti Karat Serbaguna

PT Pertamina Lubricants (PTPL) luncurkan Pertamina Spreeze. Merupakan produk pelumas anti karat serbaguna. Bisa digunakan untuk kegiatan maintenance dan perbaikan pada otomotif, marine, industri dan rumah tangga. Hadir dengan kemasan botol 250 ml dan 400 ml. Dijual mulai dari Rp48 ribuan.

Spreeze diproduksi di Formulating Plant Pertamina, Tanjung Priok, Jakarta. Ia merupakan hasil inovasi dari kerja sama antara PT Pertamina Lubricants (PTPL) dengan fungsi Innovation & New Ventures (INV) Pertamina. Kehadirannya menjadi salah satu strategi Pertamina dalam mengeksplorasi pembaruan produk dari bahan baku yang dimiliki.

“Kami ingin terus menghadirkan solusi pelumasan yang lengkap, baik untuk segmen industri maupun ritel. Kami yakin Pertamina Spreeze dapat menjangkau pasar yang luas dengan segala kebutuhan. Dengan produk berkualitas ini, kami percaya konsumen akan merasakan manfaatnya di kehidupan dan pekerjaan sehari-hari,” ujar Sari, Rabu (7/12).

Spreeze memiliki 6 fungsi yang dapat dirasakan masyarakat. Dengan formula zat aktif khusus, ia mampu membersihkan (Clean), penetrasi (Penetrates), melumasi (Lubricates), menghilangkan kelembaban (Displace Moisture), melindungi (Protects) dan meningkatkan ketahanan (Improves).

Fungsi Cleans pada dasarnya untuk membersihkan kotoran minyak dan grease pada logam. Sementara Penetrates membantu penetrasi bagian berkarat pada logam, berguna dalam membuka baut/mur atau bunyi derit pada pintu.

Manfaat Lubricates dapat melumasi komponen bergerak sehingga menurunkan gesekan secara drastis. Selain itu juga mampu memberikan berbagai fungsi perlindungan. Seperti Displace Moisture yang bisa melindungi dari kelembaban atau uap air. Lalu memiliki fungsi Protects yang mampu mencegah korosi dan oksidasi, serta fungsi Improves buat mengurangi gesekan dan keausan.

Sejak 2019, Spreeze telah melewati tahapan uji coba, mulai dari tes laboratorium, lapangan sampai percobaan secara komersial. Teknologi yang terkandung pada produk baru juga telah mendapatkan sertifikat hak paten.

Barang ciptaan Pertamina sudah digunakan oleh PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang pertama kali disuplai pada Februari 2020. Performance test dilakukan pada baut dan mur yang dikencangkan kemudian direndam pada larutan asam selama satu minggu. Setelah itu, baut dan mur direndam menggunakan produk Spreeze dan produk pelumas lain. Dari hasil uji, terlihat bahwa tenaga torsi yang dibutuhkan untuk melonggarkan lebih rendah dibanding produk pelumas serupa.

Kandungan Chlorofluorocarbon (CFC) Free, dan chlorinated solvent free dipercaya aman dan tidak merusak ozon. Produk ini juga Low BTX (Benzene, Toluene dan Xylene) Aromatic yakni memiliki kadar BTX yang sangat rendah sehingga tidak karsinogenik atau mengandung zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Ditambah lagi silicon free, artinya tidak merusak peralatan, lebih ekonomis, zero electrical conductivity sehingga tidak menghantarkan listrik, dan low toxicity atau memiliki kadar toksisitas rendah.

Pertamina Spreeze hadir dengan kemasan botol 250 ml dan 400 ml. Dapat diperoleh dengan harga ritel Rp48.900 (250 ml) dan Rp66.600 (400 ml). Barang telah tersedia di distributor resmi Pertamina, bengkel maupun outlet resmi seperti Olimart, Enduro Express dan SPBU Pertamina.

Anda mungkin juga suka...