Profil Ken Block, Pereli Legendaris yang Meninggal Tragis

Profil Ken Block, Pereli Legendaris yang Meninggal Tragis

Insiden memilukan dialami Ken Block, pereli profesional yang meregang nyawa setelah mengalami kecelakaan saat mengendarai kendaraan salju, Senin (2/1/2023) kemarin. Nama Ken Block di dunia reli sudah tidak asing.

Pembalap berusia 55 tahun bernama lengkap Kenneth Paul Block itu mengawali kariernya sebagai pereli pada tahun 2005 saat usianya menginjak 38 tahun.

Bergabung dengan tim Vermont SportsCar, Ken Block mengawali debutnya di musim reli di Sno*Drift. Dari lima kelas Grup N, Ken Block finis di posisi ketujuh secara keseluruhan.

Dia lima kali finis di posisi lima besar selama musim debutnya dan menempati posisi ketiga secara keseluruhan di Rally America National Championship. Tahun pertama debutnya ditutup dengan manis dengan memenangkan penghargaan Rally America Rookie of The Year.

Setelah itu dia memulai debutnya di WRC saat mengikuti Reli Meksiko tahun 2007 menggunakan Subaru Impreza WRX STI. Ken Block beberapa kali mencoba event WRC hingga 2012, selain Subaru juga pakai Ford Focus RS WRC dan Ford Fiesta RS WRC.

Kariernya di reli terus bersinar. Dia mampu finis di peringkat kedua pada Kejuaraan Global RallyCross tahun 2013 dan 2014. Lalu finis kelima pada 2012. Total enam kemenangan dan 15 podium berhasil diraihnya di ajang tersebut.

Seakan tak puas dengan reli, Ken Block mulai menjajal olahraga ekstrem lain yakni snowboarding dan motocross. Ia bahkan memiliki taman snowboarding di Utah bernama DC Mountain Lab.

Pada tahun 2010 Ken Block bekerja sama dengan Ford membuat sebuah tim motorsport untuk tampil di World Rally Championship bernama Hoonigan Racing Division.

Ken Block juga beberapa kali muncul dalam video game, di antaranya game Colin McRae: Dirt 2 sebagai pembalap bersama dengan Subaru Rally Team USA Impreza dan di Dirt 3 dengan karakter sebagai guru Gymkhana.

Anda mungkin juga suka...