PT TOBA dan BSS Resmi Sewa Waduk di Batam untuk Bangun PLTS

Badan Pengusahaan Batam atau BP Batam bekerja sama bersama dengan PT Batam Sarana Surya (BSS) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) penyewaaan waduk di dalam rangka penyediaan infrastruktur genangan waduk untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Penandatanganan perjanjian kerja sama penyewaan waduk itu dikerjakan di area rapat Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam pada Kamis, 28 Desember 2023. Mereka yang diberi tanda tangan perjanjian kerja sama itu adalah Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Wan Darussalam bersama dengan Direktur PT Batam Sarana Surya Vivi Simampo dan SPV Business Development PT TBS Energi Utama Tbk, Dimas Adi Wibowo.

Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Wan Darussalam mengatakan, waktu ini Kota Batam sedang buat persiapan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). Hal ini gara-gara sektor kekuatan punya manfaat penting bagi peningkatan perekonomian area dan nasional. EBT ini pula, kata Wan, yang menjadi keliru satu fokus untuk meningkatkan kekuatan tarik investasi Kota Batam.

“Penandatanganan ini merupakan tonggak awal Batam menuju sbobet wap green energy kedepannya. Kami harapkan, PLTS ini langsung terealisasi dan PT Batam Sarana Surya dan PT TBS Energi Utama Tbk bisa bersinergi di dalam membangun Batam. Ini otomatis dapat meningkatkan kekuatan saing Batam,” ujar Wan.

Direktur Badan Usaha SPAM BP Batam, Denny Tondano menjelaskan, perjanjian kerjasama bersama dengan PT Batam Sarana Surya dan PT TBS Energi Utama Tbk ini di dalam rangka pembangunan PLTS di Waduk Duriangkang dan Waduk Tembesi selama 25 tahun.

Penandatanganan perjanjian kerjasama pembangunan PLTS terapung ini merupakan perjanjian kerjasama yang pertama di Batam, di dalam mendukung program green energy ke depannya. “Jadi kami harapkan ini awal untuk ke depannya. Diharapkan kerjasama ini dapat terus berkembang lagi,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT Batam Sarana Surya Vivi Simampo menyampaikan dapat laksanakan pembangunan solar panel untuk mencukupi kebutuhan green energy di Kota Batam. Untuk pembangunan solar panel, pihaknya dapat langsung terasa laksanakan pembangunan sesuai bersama dengan target yang sudah disepakati di dalam perjanjian kerjasama. Ia berharap, kerja sama ini bisa berlangsung bersama dengan baik demi keperluan seluruh penduduk Kota Batam kedepannya.

“Untuk bagian awal ini, kami dapat membangun solar panel bersama dengan kapasitas 120 MWp, bersama dengan bagian awal 5 MWp. Karena kami berkomitmen untuk laksanakan misi negara ini menuju green energy bersama dengan zero emission nantinya,” katanya.

Sementara itu, SPV Business Development PT TBS Energi Utama Tbk, Dimas Adi Wibowo mengatakan, Kota Batam merupakan keliru satu kota yang menjadi prioritas pihaknya di dalam mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) bersama dengan pemanfaatan green energy.

Baca Juga: https://pikiranindonesia.com/mengenal-tentang-brand-fashion-terbaik-indonesia-bateeq/

Ia menambahkan, pihaknya dapat membangun solar panel berkapasitas 46 MWp di Waduk Tembesi. Sehingga, ia menghendaki kerjasama yang baik bersama dengan BP Batam ini bisa langsung terlaksanakan dan mengalirkan kekuatan yang baik untuk Kota Batam. Terutama untuk keperluan seluruh industri dan keperluan investasi yang lebih besar lagi.

Anda mungkin juga suka...