Sebelum Beli Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Perhatikan Hal Penting Ini!

Sebelum Beli Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Perhatikan Hal Penting Ini!

All New Kijang Innova Zenix menjadi produk terbaru kendaraan roda empat yang mendapat perhatian besar. MPV legendaris ini diberikan pembaruan menyeluruh termasuk kehadiran dari sistem hybrid yang cukup canggih.

Bagi pengguna pemula sistem hybrid, ada beberapa perhatian pada sistem kerja elektronik tersebut yang cukup menarik untuk disimak. Lewat manual book Toyota Innova Zenix ada beberapa peringatan terkait sistem hybrid yang bisa dibahas.

Model hybrid ini termasuk kendaraan elektrifikasi karena menggendong baterai termasuk soal tegangan tinggi. Kendaraan ini memiliki sistem DC dan AC tegangan tinggi serta sistem 12-volt. Tegangan tinggi DC dan AC sangat berbahaya dan dapat menyebabkan luka bakar dan sengatan listrik, maka pabrikan menyarankan untuk jangan pernah menyentuh, membongkar, melepas atau mengganti komponen, kabel atau konektor tegangan tinggi.

Pabrikan juga menyarankan untuk tidak membuka lubang akses service plug yang terletak di bawah sisi kanan tempat duduk depan. Service plug hanya digunakan bila kendaraan diperbaiki dan merupakan bagian pokok tegangan tinggi.

Beberapa perhatian saat terjadi kecelakaan di jalan yang melibatkan kendaraan dengan sistem hybrid. Pabrikan memberikan peringatan untuk jangan menyentuh komponen kabel dan konektor tegangan tinggi. Jika terdapat kabel yang mengelpuas di dalam atau di luar kendaraan, sengatan listrik dapat terjadi sehingga jangan menyentuh kabel listrik yang mengelupas.

Perhatian penting saat terjadi kebakaran di kendaraan hybrid. Penumpang harus meninggalkan kendaraan dengan cepat. Pabrikan juga mengungkapkan jangan pernah menggunakan alat pemadam kebakaran yang tidak diperuntukkan untuk kebakaran listrik. Ini termasuk menggunakan air yang justru dapat membahayakan.

Bila kendaraan perlu diderek, lakukan dengan roda depan terangkat karena Innova terbaru penggerak depan. Bila roda yang terhubung dengan motor listrik berada di tanah ketika di derek, motor dapat terus menghasilkan listrik. Ini dapat menyebabkan kebakaran.

Pabrikan juga memberikan peringatan terkait pengelolaan baterai setelah kendaraan tidak digunakan. Tindakan menjual, menyerahkan atau memodifikasi baterai hybrid dapat berbahaya baik untuk lingkungan maupun manusia. Serahkan pengelolaan baterai pada diler Toyota.

Jangan membawa sejumlah besar air seperti sebotol air dingin di dalam kendaraan. Bila air menumpahi baterai hybrid (baterai traksi), baterai mungkin rusak. Kendaraan perlu diperiksa oleh diler Toyota.

Sebagai tambahan, terdapat ventilasi udara masuk di bawah samping kiri tempat duduk depan. Ventilasi ini bertujuan untuk pendinginan baterai hybrid atau baterai traksi. Jika ventilasi terhalang, ini dapat mengganggu pendinginan baterai hybrid. Jangan menghalangi ventilasi udara dengan apapun seperti penutup tempat duduk atau bagasi. Jika input atau output baterai hybrid menjadi terbatas, jarak kendaraan yang dapat dikendarai menggunakan motor listrik dapat berkurang dan penghematan bahan bakar dapat berkurang.

Bersihkan ventilasi udara masuk secara berkala untuk mencegah tersumbat. Saringan dipasang ke ventilasi udara masuk. Ketika saringan tetap terlihat kotor, bersihkan saringan atau lakukan penggantian di diler Toyota terdekat. Jangan menumpahkan air atau benda asing di ventilasi udara masuk karena dapat menyebabkan hubungan pendek dan meruskan baterai hybrid.

Baterai hybrid terletak di bawah tempat duduk depan. Pabrikan tidak menyarankan untuk menginjak, menempatkan kaki atau objek lain pada permukaan baterai sebab bisa membuat baterai tidak cukup dingin. Ini dapat menyebabkan panas berlebih, kerusakan dan masalah lain.

Anda mungkin juga suka...