Sejarah Hyundai Hingga Eksistensi Mobil Negeri Gingseng Sampai Kini

sejarah awal hyundai

Sejarah Hyundai dimulai tahun 1967 saat Hyundai Motor Company didirikan oleh https://lasantane.com/ Chung Ju-yung dan bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul. Hyundai sendiri merupakan perusahaan otomotif dari divisi Hyundai Kia Automotive Group. Saat ini, Hyundai merupakan produsen mobil terbesar di.

Pencapaian Hyundai di dunia patut diganjar apresiasi tinggi. Pasalnya, Hyundai mampu menembus pasar internasional yang sebelumnya banyak dikuasai oleh pabrikan asal Jepang. Selain itu, Hyundai pun disebut sebagai perusahaan otomotif yang memiliki pertumbuhan penjualan tercepat di dunia. Hal tersebut pun membawa Hyundai bertengger di posisi ke enam di peringkat otomotif global.

Pada jejak sejarah Hyundai, muncul beberapa model mobil yang cukup iknonik dari keluarannya. Misalnya Hyundai Cortina tahun 1968. Mobil sedan ini merupakan mobil pertama Hyundai hasil kolaborasi dengan Ford Motor Company.

Sejarah Hyundai di Indonesia

Masih teringat cukup jelas, saat Hyundai masuk ke Indonesia pada 1995. Hyundai masuk ke Tanah Air melalui Agen Pemegang Merek (APM) PT Citra Mobil Nasional. Bersamaan dengan eksisnya Hyundai, Elantra pun mengaspal dan menjadi mobil asal Korea Selatan pertama di Indonesia. Elantra sendiri adalah hasil perakitan dalam negeri di pabrik Hyundai di Bekasi Barat.

Setahun berselang, Hyundai pun mendirikan PT Hyundai Mobil Indonesia dan PT Hyundai Indonesia Motor sebagai perusahaan perakitannya pada 1996. Pada tahun ini pun muncul Hyundai Accent 1.5 SOHC pun menemani eksistensi Hyundai Elantra. Di tahun berikutnya, Hyundai pun menjajaki mobil jenis MPV dengan menghadirkan Starex. Mobil ini kemudian dikenal sebagai mobil penumpang berkapasitas 11 orang.

Terbentur krisis moneter yang melanda negeri pada 1998, Hyundai pun baru meluncurkan unit lagi pada 2008. Pada tahun ini sejarah Hyundai mencatat kehadiran Hyundai H-1 yang memiliki radius putar paling kecil di kelasnya, yakni 5,6 meter. H-1 disebut sebagai suksesor Starex di Indonesia dengan memiliki desain dan kelas yang sama.

Baca Juga : Sejarah Jatuh Bangun Tesla Dalam Bidang Otomotif Hingga Sekarang

Saat ini, produk Hyundai yang meluncur di Indonesia antara lain adalah Avega, Grand Avega, H-1/Starex, Sonata, i10, Hyundai New Elantra (hanya dipakai oleh kepolisian), dan Tucson. Sebelumnya, model-model yang pernah dijual antara lain Accent, Atoz, Matrix, Getz, Coupe, Grandeur/Azera, Santa Fe, dan i20. Hyundai i20 dihentikan penjualannya bulan April 2012 karena hadirnya Grand Avega.

Hyundai adalah perusahaan mobil multinasional asal Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1967 oleh Chung Ju-Yung. Perusahaan ini merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia dengan model mobil yang bervariasi seperti hatchback, sedan, sport-utility vehicle (SUV), dan truk. Hyundai cukup dikenal dengan kualitas kendaraannya dan teknologi yang inovatif.

Hyundai itu apa sih?

Hyundai telah menjadi merek mobil yang populer di seluruh dunia, dan saat ini telah memiliki cabang di lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Perusahaan ini telah menghasilkan beberapa model mobil terbaik, termasuk Hyundai Elantra, Sonata, Santa Fe, dan Tucson. Selain itu, Hyundai juga terkenal dengan produksi mobil listrik dan hibrida, seperti Kona dan Ioniq.

Hyundai selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan memberikan mobil yang berkualitas dan teknologi yang canggih. Mereka juga terus berinovasi dan berusaha untuk mengikuti tren pasar dan perkembangan teknologi.

Siapa desainer Hyundai?

Hyundai memiliki banyak desainer mobil yang terkenal di industri otomotif. Salah satu desainer mobil terkenal yang pernah bekerja di Hyundai adalah Peter Schreyer. Schreyer pernah bekerja di perusahaan mobil lain sebelum akhirnya bergabung dengan Hyundai pada tahun 2006. Dia merupakan orang yang bertanggung jawab atas desain mobil Hyundai yang lebih agresif dan modern.

Selain Schreyer, ada juga Luc Donckerwolke yang pernah bekerja di perusahaan mobil lain sebelum bergabung dengan Hyundai pada tahun 2015. Donckerwolke dikenal sebagai desainer mobil yang inovatif dan kreatif. Dia telah memimpin tim desain Hyundai untuk menciptakan mobil-mobil yang inovatif dan modern.

Seluruh tim desain Hyundai bekerja keras untuk menciptakan mobil yang menarik dan berkualitas tinggi. Mereka terus berinovasi dan menciptakan desain mobil yang unik dan mengikuti tren terbaru di industri otomotif. Hasilnya, Hyundai berhasil menjadi salah satu merek mobil yang paling diminati dan populer di seluruh dunia.

Apakah Hyundai dan KIA sama?

Hyundai dan KIA adalah dua perusahaan otomotif yang berbeda, tetapi keduanya memiliki keterkaitan. Hyundai Motor Company adalah perusahaan otomotif asal Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1967, sedangkan KIA Motors Corporation juga didirikan di Korea Selatan pada tahun 1944 dan memproduksi mobil sejak 1974.

Pada tahun 1998, Hyundai Motor Company mengakuisisi mayoritas saham KIA Motors Corporation, sehingga kedua perusahaan ini menjadi terkait. Meskipun demikian, keduanya tetap beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah.

Setelah diakuisisi oleh Hyundai, KIA menjadi lebih terorganisir dan dapat memanfaatkan teknologi dan sumber daya Hyundai. KIA memproduksi mobil dengan mereknya sendiri, tetapi juga menggunakan platform dan teknologi yang sama dengan Hyundai. Keduanya saling berbagi platform dan teknologi, tetapi tetap mempertahankan merek dan identitas masing-masing.

Jadi, meskipun Hyundai dan KIA terkait dan saling berbagi teknologi, keduanya tetap merupakan entitas bisnis yang terpisah dan memiliki merek serta identitas yang berbeda. Kini, Hyundai dan KIA berada di payung Hyundai Motor Group bersama dengan Genesis. Ketiganya membawa misi untuk menjadikan Hyundai Motor Group untuk menjadi salah satu brand dari tiga brand teratas di pasar electric vehicle (EV) global.

Anda mungkin juga suka...