Toyota GR Supra Terbaru Mengaspal di Indonesia, Intip Ubahan dan Harganya

Toyota GR Supra Terbaru Mengaspal di Indonesia, Intip Ubahan dan Harganya

Sedan sport Toyota GR Supra terbaru resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) melepas mobil ini dengan banderol Rp2.188.400.000 OTR Jakarta dengan skema pembelian spot order.

Toyota GR Supra mendapat revisi yang cukup signifikan, utamanya pada sisi handling guna meningkatkan experience berkendara bagi para pemiliknya. Sejak diluncurkan pertama kali pada 2019 lalu, respons dari konsumen terhadap sedan performa tinggi ini memang terbilang positif.

“New GR Supra merupakan wujud komitmen Toyota dalam menjalankan semangat continuous improvement dan menghadirkan ever-better cars sehingga sanggup mendapatkan ruang pengembangan demi menghasilkan excitement yang lebih maksimal bagi para GR fans di Indonesia,” kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto lewat keterangan resminya.

Toyota Gazoo Racing (TGR) selaku peracik mencoba mencari ruang untuk melakukan peningkatan lewat saran serta masukan dari konsumen yang memiliki GR Supra dalam kompetisi touring car di berbagai sirkuit dunia.

Menyoal ubahannya, TGR melakukan fine tuning AVS yang berkaitan dengan karakter redaman suspensi guna meningkatkan roll balance dan kenyamanan berkendara. Lalu ada pembaruan pada bushing stabilizer untuk memaksimalkan respons awal kemudi yang cukup krusial bagi sebuah sedan sport.

Dalam pengembangan lebih lanjut, terdapat perbaikan chassis control system yang mencakup, Electric Power Steering (EPS), dan Vehicle Stability Control (VSC) untuk meningkatkan feeling dan kendali kemudi mobil ketika dipacu dalam kecepatan maksimal.

Tampilan dari eksterior GR Supra juga masih membawa visual khas sebuah retro sports car seperti model sebelumnya. Ubahan di bagian ini bisa dilihat pada pelek, pakai ukuran 19 inci berbahan Forged Aluminium yang mirip dengan kepunyaan GR Yaris dan GR86.

Toyota menjelaskan bila penggunaan pelek baru tersebut lebih ringan 1,2 kg per 1 pelek dibanding model yang lama. Sentuhan baru juga ditawarkan pada opsi warna, kini tersedia pilihan kelir Matte Mineral White, Sparkling Cupper Gray, dan Portimao Blue.

Sementara pada sektor interior, desain kabin dari Toyota GR Supra terbaru dirancang untuk lebih fokus pada pengendara (driver oriented). Meski begitu, driver atau penumpang akan tetap merasa nyaman karena sudah tersedia pengaturan jok elektrik untuk menyesuaikan posisi terbaik untuk kebutuhan balap ataupun touring.

Lini kokpit sudah dilengkapi panel instrumen dengan bentang layar 8,8 inci. Suasana dalam kabin New GR Supra pun dibuat lebih segar dengan sentuhan aksen berwarna silver dan sistem audio ditingkatkan dari sebelumnya 10 speaker menjadi 12 speaker garapan JBL.

Di balik kapnya masih bersemayam mesin dengan tipe B58 6-silinder, in-line, 2.988 cc, 24 katup, DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing, dan sokongan Twin-scroll Turbocharger. Racikan itu mampu menyemburkan tenaga maksimal 350 PS (345 Hp) pada 5.000-6.000 rpm dan torsi 500 Nm sejak putaran mesin 1.600-4.500 rpm.

Output gahar yang dimilikinya kemudian didistribusikan ke roda belakang dengan sistem transmisi otomatik 8-percepatan. Toyota mengklaim rasio gigi yang rapat pada GR Supra mampu menyalurkan tenaga dengan cepat namun tetap ramah ketika dibutuhkan untuk stop and go di perkotaan.

Untuk memberikan kenyamanan lebih pada konsumen, New GR Supra sudah didukung dengan fitur T Intouch yang memungkinkan pengguna bisa terhubung ke seluruh layanan Toyota. Ada 2 kategori yang dihadirkan, pertama adalah Safety & Convenience yang terdiri dari Find My Car, Stolen Vehicle Tracking, Geofencing, dan Vehicle Info. Layanan kedua adalah Peace of Mind berupa E-Care (Maintenance), Inquiry & Support Center, Trip Driving Update, dan Road Assistance.

Anda mungkin juga suka...